Penilaian Formatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19

Penilaian Formatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid 19






Pada masa Pandemi Covid 19 ini Sekolah ditutup tetapi sekolah terus berjalan, dan penting bagi guru untuk menemukan cara untuk melihat apa yang dipelajari siswa. Apakah kita sudah menggunakan sesi online yang sesuai atau tidak sesuai? Apakah kita menyebutnya pembelajaran jarak jauh atau virtual? Kita semua ditantang untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna di kejauhan saat dunia pendidikan bergulat dengan dampak Covid-19. Kita semua mengetahui bahwa jenis pembelajaran ini bukanlah hal yang baru, tetapi hal ini baru bagi banyak guru di Indonesia dan telah menyebabkan saya harus dengan cepat mengubah praktik-praktik pengajaran dan pembelajaran.


Penilaian formatif jarak jauh adalah tantangan tetapi kita masih perlu memeriksa pemahaman siswa dan memberikan umpan balik yang berarti. Praktik yang guru gunakan akan terlihat dan terdengar berbeda dari yang mereka lakukan di kelas. Perlu kita ketahui bahwa ada begitu banyak alat yang digunakan untuk memeriksa pemahaman. Guru harus memastikan dan memeriksa proses pembelajaran jarak jauh tidak membosankan. Pastikan alat yang saya gunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Guru perlu melihat proses siswa, guru bisa memilih alat penilaian seperti Animoto atau Flipgrid. Guru bisa mencoba Kahoot atau Quizlet untuk memeriksa pengetahuan siswa.


Penilaian formatif adalah suatu proses yang penting untuk mengumpulkan bukti pembelajaran dari waktu ke waktu. Meskipun saya dapat mengajar dan menentukan alat digital mana yang dapat digunakan siswa. Guru harus bekerjasama bersama siswa agar mendokumentasikan pembelajaran. Guru perlu memberikan siswa panduan untuk memberi tahu siswa apa yang harus mereka serahkan dan kapan siswa perlu melakukannya. Kita dapat meminta siswa untuk mengirimkan video atau foto kemajuan mereka. Guru dapat bermitra dengan orang tua untuk mengambil video atau foto. Saat memeriksa pemahaman, penting untuk mengomunikasikan umpan balik yang datang mereka. Sebagai seorang guru,kita dapat memberikan umpan balik tertulis dan / atau lisan melalui video atau rekaman suara. Guru juga harus memberi mereka aturan umpan balik yang jelas. Secara tidak bersamaan, siswa dapat memposting pekerjaan dan memberikan umpan balik dalam jangka waktu yang lebih lama.


Pemeriksaan proses pembelajara untuk mengetahui pemahaman siswa dan apa saya siswa lakukan di kelas sangat berharga, Microsoft Teams memiliki fitur video yang memungkinkan saya mengetahui, secara real time, apa yang diketahui dan tidak diketahui siswa. Aplikasi Microsoft Teams membantu saya memberikan umpan balik tepat waktu, dan dapat memandu pemikiran saya tentang siapa yang mungkin membutuhkan dukungan sumber daya, intervensi dan pendukung lainnya


Dalam lingkungan pembelajaran jarak jauh yang telah saya terapkan, ternyata teknologi terbukti dapat mempermudah penilaian pembelajaran siswa dan memberikan umpan balik dengan koneksi antara guru dan siswa secara nyata. Bahkan, kita harus lebih fokus pada jenis penilaian dalam pembelajaran jarak jauh, alat komunikasi video dapat membantu guru dan siswa ke proses penilaian yang berkualitas.


Pada kesempatan yang berbeda saya memeriksa pembelajaran akademis siswa. Saya juga memastikan untuk memeriksa kenyamanan siswa dan pengalaman pembelajaran jarak jauh mereka secara keseluruhan. Pertanyaan sederhana dapat mendorong siswa untuk membagikan umpan balik bagi mereka:


Apa yang berhasil?

Apa yang tidak berfungsi dengan baik?

Apa yang akan kamu rekomendasikan?


Ini sangat penting karena cara belajar ini baru bagi hampir kita semua siswa, karenanya membutuhkan refleksi dan umpan balik yang berkelanjutan. Saya baru-baru ini mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini di sekolah saya di SD Negeri Wonokerto dan menemukan bahwa siswa berjuang menghadapi kesulitan untuk terhubung dan terkoneksi dengan pembelajaran online. Selanjutnya saya mencoba untuk memodifikasi sesi pembelajaran online menjadi lebih pendek, dan memberikan lebih banyak istirahat juga.


Beberapa sesi pembelajaran online, para siswa mengatakan bahwa mereka tidak melihat guru mereka. Saya sendiri tahu bahwa mereka tidak dapat meniru pengalaman pribadi yang kuat, tetapi mereka memutuskan untuk merekam video pribadi setiap minggu untuk siswa mereka untuk berbagi umpan balik dan yang lebih penting, terhubung dengan siswa dirumah. Pengunaan penilaian formatif untuk menyesuaikan instruksi dan tetap memperhatikan  pembelajaran sosial dan emosional.




Ketika kita mengumpulkan dan memeriksa penilaian formatif, kita perlu memahami apa yang kita pelajari darinya untuk menginformasikan instruksi. Kita mungkin menemukan bahwa sesi pembelajaran online yang tidak berjalan dengan baik. Siswa tetap memerlukan dukungan dan sumber daya lebih lanjut. Saya melihat hanya sekelompok kecil siswa yang bertahan sampai terakhir bagian dari sesi pembelajaran online, sementara sisanya keluar. Semua kelemahan tersebut memberi tahu saya sesuatu yang dapat saya gunakan untuk memberikan umpan balik tepat waktu, menyesuaikan instruksi, dan merencanakan pembelajaran berikutnya yang lebih baik.


#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !