KPK: Cara Menanamkan Nilai Nilai Antikorupsi Pada Anak Sejak Dini

 

KPK: Cara Menanamkan Nilai Nilai Antikorupsi Pada Anak Sejak Dini

 




 

Korupsi adalah masalah yang di setiap negara, dimana korupsi ini adalah merampas hak orang yang membutuhkan. Namun korupsi ini bisa dicegah, dengan penanaman sikap antikorupsi pada anak anak. Berikut ini adalah nilai antikorupsi pada anak anak, yang bisa diajarkan oleh orang tua atau guru di sekolah.  

 

Cara Untuk Menanamkan Sikap Antikorupsi Pada Anak Anak

 

Untuk mencegah terjadinya sebuah korupsi di sebuah negara, ada beberapa hal yang bisa dilakukan . Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan, untuk mencegah adanya sebuah korupsi yang bisa diajarkan pada anak lewat keluarga atau sekolah:

 

 

1.       Menanamkan Kejujuran Pada Anak Anak

 

Salah satu terjadinya sebuah korupsi, adalah karena adanya sebuah ketidakjujuran untuk menginginkan sesuatu. Biasanya orang korupsi akan mengambil uang atau harta secara diam diam, tanpa diketahui oleh orag orang sekitar atau oleh orang banyak.

 

Untuk itulah agar orang tidak korupsi, orang tua bisa mengajarkan anak anak untuk jujur. Pada saat anak anak ingin sesuatu barang atau hal yang diinginkan, anak anak bisa diajarkan untuk jujur kepada orang tuanya. Dengan cara tersebut anak anak akan dilatih tidak berbohing, dan juga mengambil tanpa ijin. Ketika anak anak berani jujur, orang tua bisa untuk memberi sebuah reward pada anak anak.

 

 

2.       Mengajarkan Anak Anak Agar Bisa Hidup Sederhana

 

Korupsi juga bisa timbul dalam sebuah negara, karena adanya sebuah keinginan hidup mewah. Biasanya orang yang korups melakukan apapun, untuk bisa hidup mewah. Namun orang tua bisa mengajarkan pada anak , untuk bisa hidup sederhana. Dengan cara tersebut nantinya anak anak, tidak akan mengambil milik orang lain.

 

Contohnya adalah pada saat anak diberi oleh orang tua uang , misalnya adalah sekitar Rp 60.000. Dengan uang tersebut anak anak, bisa dibuat hemat dengan uang tersebut. Dengan menghemat uang yang diberikan oleh orang tua, anak anak bisa menabung atau menggunakan uang dengan baik.

 

 

3.       Mengajarkan Anak Anak Untuk Disiplin Waktu

 

Anak anak juga bisa diajarkan oleh orang tua atau dari gurunya, untuk bisa disiplin waktu. Dengan disiplin waktu, anak anak bisa lebih menghargai waktu yang ada. Anak anak tidak akan membuang waktu secara cuma cuma, sehingga mereka bisa menghemat waktu.

 

Langkah ini sangat tepat sekali untuk diajarkan pada anak anak, untuk mencegah adanya sebuah korupsi. Pada saat anak anak besar akan lebih menghargai setiap waktu, dan tentunya mereka juga akan tidak akan korupsi.


4.       Berani Untuk Mengatakan Sesuatu

 

Pada saat anak anak melihat sesuatu yang tidak wajar, anak anak diajarkan untuk berani untuk mengatakan sesuatu. Contohnya pada saat anak anak melihat teman mencontek atau mengambil sesuatu, bisa mengatakannya ke orang tua atau guru.

 

Dengan berani untuk mengatakan yang jujur, maka nantinya anak anak di masa depan tidak akan mencoba coba untuk korupsi. Mereka akan berani untuk melawan ketidakadilan, yang membuat krang lain menjadi dirugikan.

 

 

5.       Gigih Untuk Mendapatkan Sesuatu

 

Untuk mencegah korupsi pada sebuah negara, bisa diajarkan anak anak untuk mendapakan sesuatu. Anak anak harus mendapatkan segala sesuatu tersebut, dengan bekerja keras atau hasil jerih payah sendiri.

 

 

Sekian informasi mengenai cara yang bisa untuk mencegah korupsi, yang bisa dilakukan lewat anak anak. Semoga infromasi ini berguna, untuk bisa mencegah korupsi.

 


 

 

 

 

 

 

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !