Apa itu NISN? Apakah penting? Begini cara melihat nomor induk siswa nasional

Penulis: Hermina Rubiyatun, S.Pd

SDN Mendut,  Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Prov. Jawa Tengah

Editor: Nadin Aulia


Apa itu NISN? Apakah penting? Begini cara melihat nomor induk siswa nasional


Cara melihat nomor induk siswa nasional sangat mudah. Buat kamu yang masih kebingungan mencari nomor induk siswa nasional (NISN), artikel ini cocok untuk kamu!

Pada dasarnya setiap siswa pasti memiliki nomor induk siswa nasional (NISN) karena otomatis akan didaftarkan ketika awal mendaftar sekolah. Nah, bagaimana cara melihat nomor induk siswa nasional kita? Apakah nomor induk siswa nasional penting? Apa fungsi kegunaannya? Simak artikel ini sampai akhir, ya.


Apa itu NISN?

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas peserta didik yang memiliki sifat unik, standar, dan berlaku sepanjang masa. Nomor induk siswa nasional akan menjadi pembeda satu siswa dengan yang lainnya di seluruh sekolah Indonesia maupun luar negeri karena angka yang dimiliki berbeda satu dengan lain.

Nomor induk siswa nasional akan diberikan kepada peserta didik yang bersekolah di lembaga pendidikan tercatat memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem pengelolaan Nomor induk siswa nasional merupakan tugas dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. NISN adalah merupakan bagian dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Tujuan NISN

Adapun tujuan dari Nomor Induk Siswa Nasional, diantaranya:

Mengidentifikasi setiap individu peserta didik di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.

Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah / Sekolah yang bersifat standar, terpadu, dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.

Menjadi sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.


NISN vs NPSN: Sama atau Beda?

Berbeda dengan NISN, NPSN adalah kependekan dari Nomor Kepala Sekolah Nasional. NPSN merupakan kode pengenal sekolah di Indonesia yang memiliki keunikan dan dipakai sebagai tanda pengenal satuan pendidikan yang ditetapkan oleh PDSPK.


Cara Melihat Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

1.Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama

2.Setelah laman kemdikbud muncul, akan tertera  beberapa kolom data yang harus diisi

3.Isi data diri yang akan dicari dengan benar sesuai kolom yang disediakan. Tulis nama lengkap siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu. Jangan lupa klik captcha.

4.Selanjutnya pilih cari data untuk melanjutkan proses mengecek NISN yang dicari

5.NISN akan muncul sesuai data yang kamu input.


Cara Mengecek NPSN Secara Online

Sedikit berbeda dengan NISN, NPSN bisa dicek melalui Data Referensi Kemendikbud. Berikut adalah langkah – langkah dalam mengecek NPSN secara online:

1.Buka https://referensi.data.kemdikbud.go.id/

2.Pilih menu Data Master Pendidikan

3.Pilih sub menu satuan pendidikan yang ingin dicari

4.Pilih provinsi asal sekolah

5.Pilih nama kabupaten

6.Pilih nama kecamatan

7.Data NPSN akan ditunjukkan dalam tabel sesuai dengan nama sekolah.


NISN dan Pentingnya Bagi Pendidikan

Setelah kamu bisa mencari sendiri NISN melalui website, perlu diketahui juga pentingnya NISN bagi siswa yang masih bersekolah. NISN sangat berguna untuk membedakan data siswa satu dengan siswa yang lain. NISN juga menjadi pembeda siswa yang bersekolah di Indonesia dengan siswa yang bersekolah di luar negeri. Selain itu NISN juga penting sebagai syarat administrasi beberapa pendaftaran, seperti pendaftaran calon mahasiswa baru di tingkat Perguruan Tinggi. NISN berguna juga untuk menjadi data yang bisa digunakan pemerintah menyalurkan bantuan dana operasional sekolah. Melalui nomor NISN yang unik milik masing-masing siswa akan memudahkan pengecekan data.

Jadi sudah tahu kan seberapa pentingnya kamu mengetahui Nomor Induk Siswa Nasionalmu sendiri?


NISN yang Tidak Bisa Ditemukan

Sudah mengecek melalui laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tapi data tidak ditampilkan? Sudah mencari berkali-kali tapi mengalami kendala dalam mengecek NISN sendiri? Jangan panik dulu, ya. Setiap masalah pasti ada solusinya. Begitupun permasalahan NISN yang mungkin tidak bisa ditemukan.

Di awal artikel sudah dijelaskan bahwa setiap peserta didik yang mendaftarkan diri ke sekolah tercatat NPSN akan otomatis didaftarkan NISN nya. Lalu bagaimana jika ketika kita cari NISN tidak muncul di web?

Untuk mengatasi kendala NISN yang tidak muncul di web sebaiknya kamu laporkan bukti pencarian kepada pihak sekolah. Katakan jika nomor NISN tidak terdaftar pada sistem. Nantinya pihak sekolah akan mengarahkan bagaimana proses mengurus NISN yang tidak terlacak. Sekolah akan mengurus NISN mu karena hal tersebut merupakan bagian tugas mereka.

Begitu tadi pengertian NISN hingga bagaimana cara mengecek Nomor Induk Siswa Nasional. Pastikan kamu mengetahui berapa NISN mu, ya. Pastikan juga bahwa data dirimu sesuai dengan data diri asli. Jangan sampai sudah mau lulus ternyata NISN bermasalah. Semoga artikel ini membantu rasa keingintahuanmu tentang NISN dan bagaimana mencarinya secara online. Jangan lupa untuk cek artikel lain di Kodrat Alam!


Referensi:

https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/cek-nisn/

https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6455327/perbedaan-nisn--npsn-serta-cara-cek-keduanya-penting-untuk-snpmb

https://dapodik.disdik.jabarprov.go.id/cek-nisn/

https://www.kompas.com/tren/read/2022/10/05/153100365/cara-cek-nisn-siswa-dengan-mudah?page=all


#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !