Kuliah Gratis ? Apa bisa ? Buruan Daftar KIP Kuliah Merdeka 2022!

 

(bandungside.com)

Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah program bantuan dari pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada para siswa yang kurang mampu untuk melanjutkan studi lanjut di perguruan tinggi. Program ini mempermudah kalian untuk menggapai cita-cita. 

KIP kuliah ini berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri dan swasta. Untuk perguruan negeri sendiri meliputi jalur masuk SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, dan jalur mandiri PTN. Sementara untuk perguruan tinggi swasta hanya melalui jalur seleksi mandiri PTS saja. 

Untuk kalian yang ingin melanjutkan studi lanjut ke perguruan tinggi masih ada kesempatan untuk melakukan pendaftaran. Ajak teman-teman, sanak saudara untuk mengikuti pogram ini. Dilansir dari laman KIP kuliah Kemendikbudristek, jadwal pendafttaran KIP Kuliah di seleksi mandiri PTN  mulai dibuka mulai 1 Juni sampai dengan 7 Oktober 2022. Sementara untuk KIP Kuliah di seleksi PTS mulai dibuka 8 Juni dan akan ditutup 31 Oktober 2022. 

Sebelum mendaftar program ini, kalian sebaiknya mencari informasi dulu kampus yang dituju sudah bekerja sama dalam program KIP Kuliah. Cek kampus tujuan di sini https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/, kemudian cari bagian profil Perguruan Tinggi. 



Apa saja sih keuntungan KIP Kuliah ?

Ada 2 bantuan yang akan kalian terima ketika lolos KIP Kuliah, yaitu bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup. Biaya tersebut dibagi menjadi beberapa kategori. Berikut kategorinya: 

1.Kategori bantuan biaya pendidikan 
-Biaya pendidikan prodi akreditasi A: maksimal 12 juta per semester 
-Biaya pendidikan prodi akreditasi B: maksimal 4 juta per semester 
-Biaya pendidikan prodi akreditasi C: maksimal 2,4 juta per semester 

2.Kategori bantuan biaya hidup
-Biaya hidup klaster 1: Rp 800 ribu/ bulan
-Biaya hidup klaster 2: Rp 950 ribu/ bulan
-Biaya hidup klaster 3: Rp 1,1 juta/ bulan
-Biaya hidup klaster 4: Rp 1,25 juta/ bulan
-Biaya hidup klaster 5: Rp 1,4 juta/ bulan

Langkah pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

1.Anda dapat membuka website resmi http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
2.Lalu masukkan NIK, NISN dan NPSN dan alamat email yang valid dan aktif
3.Sistem dari KIP akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapat KIP kuliah. NIK berguna untuk mendapatkan informasi tentang sosial ekonomi di (DTKS) kemensos. 
4.Jika validasi telah berhasil, Sistem dari KIP akan mengirimkan Nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang didaftarkan. 
5.Anda dapat menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/MANDIRI)
6.Selanjutnya, anda dapat menyelesaikan pendaftaran proses pendaftaran yang ada di sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang anda pilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan dengan skema host-to-host
7.Bagi anda selaku penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan lulus PTN, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh PTN terkait sebelum diusulkan menjadi calon mahasiswa penerima KIP Kuliah
Bila ada kesulitan dalam pengisian, kalian bisa meminta bantuan dari pihak sekolah atau langsung email kip.kuliah@kemdikbud.go.id 

Syarat pendaftaran KIP Kuliah Merdeka

1.Penerima sah KIP-KULIAH adalah Siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya. 
2.Memiliki NIK, NISN, NPSN yang valid
3.Memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi serta didukung bukti dokumen yang sah
4.Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi yang baik dan mempunyai Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos
5.Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B , dan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan akreditasi C

Semoga Beruntung !


Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !