Ahli Patologi Wicara - Apa yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Gangguan Bicara?

 

Ahli Patologi Wicara - Apa yang Dapat Dilakukan untuk Mengatasi Gangguan Bicara?





Apa itu Terapi Wicara-Bahasa?


Terapi wicara-bahasa adalah pengobatan untuk sebagian besar anak-anak dengan gangguan bicara dan/atau bahasa.




Apa Itu Gangguan Bicara?


Gangguan bicara mengacu pada masalah dengan membuat suara. Gangguan bicara meliputi:


  • Gangguan artikulasi: Ini adalah masalah dengan membuat suara dalam suku kata, atau mengucapkan kata-kata yang salah snehingga pendengar tidak dapat memahami apa yang dikatakan.

  • Gangguan kelancaran: Ini termasuk masalah seperti gagap, di mana aliran bicara terganggu oleh penghentian yang tidak biasa, pengulangan sebagian kata ("b-b-boy"), atau suara dan suku kata yang memanjang (ssssnake).

  • Gangguan resonansi atau suara: Ini adalah masalah dengan nada, volume, atau kualitas suara yang mengalihkan perhatian pendengar dari apa yang dikatakan. Jenis gangguan ini juga dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan bagi anak saat berbicara.

Apa Itu Gangguan Makan?


Disfagia/oral feeding disorder adalah gangguan pada cara makan atau minum seseorang. Mereka termasuk masalah dengan mengunyah dan menelan, batuk, tersedak, dan menolak makanan.

Siapa yang Memberikan Terapi Wicara-Bahasa?


Ahli patologi wicara-bahasa (SLP), sering disebut terapis wicara, dididik dalam studi komunikasi manusia, perkembangannya, dan gangguannya. SLP menilai kemampuan berbicara, bahasa, komunikasi kognitif, dan oral/makan/menelan. Ini memungkinkan mereka mengidentifikasi masalah dan cara terbaik untuk mengobatinya.


Apa yang Dilakukan SLP?


Dalam terapi wicara-bahasa, SLP bekerja dengan anak satu lawan satu, dalam kelompok kecil, atau di kelas untuk mengatasi masalah.
Terapis menggunakan berbagai strategi, termasuk:

Kegiatan intervensi bahasa: SLP akan berinteraksi dengan anak dengan bermain dan berbicara, menggunakan gambar, buku, objek, atau peristiwa yang sedang berlangsung untuk merangsang perkembangan bahasa.

Terapi artikulasi: Latihan artikulasi, atau produksi suara, melibatkan terapis untuk memodelkan suara dan suku kata yang benar dalam kata dan kalimat untuk seorang anak.
Terapi motorik/makan dan menelan oral: SLP dapat menggunakan berbagai latihan oral — termasuk pijat wajah dan berbagai latihan lidah, bibir, dan rahang — untuk memperkuat otot-otot mulut untuk makan, minum, dan menelan. 

Mengapa Beberapa Anak Membutuhkan Terapi Wicara-Bahasa?


Anak-anak mungkin memerlukan terapi wicara-bahasa karena berbagai alasan, termasuk:

  • gangguan pendengaran
  • kognitif (intelektual, berpikir) atau keterlambatan perkembangan lainnya
  • otot mulut lemah
  • suara serak kronis
  • bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing
  • autisme
  • masalah perencanaan motorik
  • masalah artikulasi
  • gangguan kelancaran
  • masalah pernapasan (gangguan pernapasan)
  • gangguan makan dan menelan
  • cedera otak traumatis

Terapi harus dimulai sesegera mungkin. Anak-anak yang memulai terapi lebih awal (sebelum mereka berusia 5 tahun) cenderung memiliki hasil yang lebih baik daripada mereka yang memulai lebih lambat.


Ini tidak berarti bahwa anak-anak yang lebih besar tidak akan berhasil dalam terapi. Namun, kemajuan mereka mungkin lebih lambat, karena mereka telah mempelajari pola yang perlu diubah. Kita dapat menghubungi ahli patologi wicara melalui konsultasi online di web “My Health Care”, setelah itu baru kita mengatur jadwal dengan ahli patologi tersebut. Selain itu, kita dapat menjumpai dokter spesialis anak di setiap rumah sakit. 

Bagaimana Orang Tua Dapat Membantu?


Orang tua merupakan kunci keberhasilan kemajuan anak dalam terapi wicara atau bahasa. Anak-anak yang menyelesaikan program paling cepat dan dengan hasil paling lama adalah mereka yang orang tuanya terlibat.


Tanyakan kepada terapis apa yang dapat Anda lakukan. Misalnya, Anda dapat membantu anak Anda melakukan aktivitas di rumah yang disarankan SLP. Ini memastikan kemajuan yang berkelanjutan dan membawa keterampilan baru.


Mengatasi gangguan bicara atau bahasa bisa memakan waktu dan usaha. Jadi, penting bagi semua anggota keluarga untuk bersabar dan memahami anak.





Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !