JUARA III Kompetisi CANSAT Internasional: Masa Depan Inovasi Kedirgantaraan Indonesia

JUARA III Kompetisi CANSAT Internasional: Masa Depan Inovasi Kedirgantaraan Indonesia 



Garuda Muda Berhasil Menggenggam Juara Tiga di Kompetisi Peluncuran Satelit, Amerika Serikat

Garuda muda Indonesia berjumlah lima orang berhasil meraih Juara tiga dalam kompetisi the American Astronautical Society Student CanSat Competition. Sebuah kompetisi tingkat Internasional di bidang aerospace. Kompetisi ini merupakan ajang kedirgantaraan tahunan oleh American Astronautical Society (ASS) yang bekerja sama dengan United States Naval Research Laboratory, NASA Goddard, Lockhead Martin, Virginia Tech, Siemens, Praxis, Kratos, dan NRV Rocketry. Ajang bergengsi ini digelar di Virginia, Amerika Serikat 12 Juni 2022.


Tim Robotik PENS Memamerkan Karya Gemilang saat Perlombaan Internasional


Lima mahasiswa yang mengikuti perlombaan merupakan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Mereka merupakan gabungan mahasiswa di tingkat pendidikan yang berbeda. Terdapat anggota termuda yang masih menduduki semester 4, I Made Nugi Edwika Ariwigangga yang berperan sebagai mekanik. Tiga anggota lainnya menduduki semester 6 bangku kuliah, yaitu Zulfikar Davbi Mahendra Fasya sebagai ketua tim, Rafi’ Jusar Wisnuwardana dan Muhammad Aghist Fitrony sebagai manajer proyek. Sementara satu lainnya merupakan mahasiswa tingkat master yang menangani hardware bernama Piko Permata Ilham Prasetyo.


Tim Dari Indonesia Raih Juara III  ajang International Aerospace Team Competition


Sebelum menyabet juara tiga, Tim dari PENS yang mengelompokkan diri sebagai “Bamantara EEPISAT” harus melalui beberapa babak penyisihan dari 49 tim dengan menempati urutan keempat. Babak penyisihan yang mereka lewati diantaranya pengajuan proposal, pembuatan rancangan awal,pembuatan rancangan kritikal, melakukan uji lingkungan, dan tahapan akhir yaitu peluncuran dan penavigasian yang dilakukan di Virginia Tech, Blacksburg, Virginia, Amerika Serikat. Mereka berjuang melawan berbagai tim dari banyak penjuru dunia, seperti Amerika Serikat, India, Argentina, Brazil, Peru, Italia, Inggris, Polandia, dan Thailand.


Koordinasi Pertemuan dengan Kedutaan Besar Telah diatur untuk 14 Juni 2022


Setelah mendapatkan gelar juara pada the American Astronautical Society Student CanSat Competition, Tim Bamantara EEPISAT mendapatkan apresiasi dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Prakasa Roeslani, yang menyampaikan rasa bangganya terhadap anak bangsa yang mampu membanggakan dan bersaing dengan negara maju di bidang kedirgantaraan khususnya bidang kajian satelit. Selain memberikan apresiasi secara lisan, Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat juga mengagendakan pertemuan dengan Tim Bamantara EEPISAT pada 14 Juni 2022.


Referensi:

https://setjen.kemdikbud.go.id/berita-mahasiswa-indonesia-raih-juara-tiga-kompetisi-internasional-peluncuran-satelit-di-virginia-as.html

https://tekno.tempo.co/read/1601594/mahasiswa-indonesia-raih-juara-kompetisi-peluncuran-satelit-di-amerika-serikat/full&view=ok





Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !