Karmawibhangga: Museum Candi Borobudur

 


Dokumentasi Salvador Dali

Saat anda berkunjung dan juga bermain ke Yogyakarta atau Jawa Tengah, anda tidak boleh melewatkan untuk berkunjug ke Candi Borobudur. Dalam Candi Borobudur ini, ada sebuah situs yang bernama Karmaibhangga. Berikut ini adalah penjelasan mengenai situs Karmawibhangga, yang ada di Candi Borobudur.


Mengenal Lebih Dekat Candi Borobudur


Candi Borobudor adalah salah satu candi dari agama Buddha, dan candi ini sudah ada sejak abad 17 yang lalu. Seiring perkembangan waktu dan juga seiring perkembangan zaman, Candi Borobudur tidak hanya menjadi tempat ibadah untuk agama Buddha saja. Candi Borobudur ini, juga digunakan untuk objek wisata terkenal yang ada di Indonesia. 


Ada beberapa tempat yang bisa untuk anda kunjungi saat di Borobudur, dan tempat yang bisa anda kunjungi tersebut adalah misalnya seperti Taman Lumbini. Taman Lumbini ini adalah pelataran atau halaman, yang ada di Candi Borobudur. 


Taman Lumbini ini bisa menjadi tempat untuk anda bisa rekreasi, dan anda bisa menikmati suasana di Candi Borobudur ini di Taman Lumbini. Anda bisa berfoto foto disini, bersama dengan teman atau bersama dengan keluarga anda. 


Taman Lumbini ini juga bisa anda gunakan tempatnya, untuk acara acara seperti pernikahan atau acara acara yang lainnya. Dengan pemandangan yang cukup bagus tersebut, akan membuat acara menjadi lebih khidmat dan juga menyenangkan. 


Ketika anda lapar saat berkunjung ke Borobudur, anda juga bisa untuk berkunjung ke restoran atau tempat makan yang ada di sekitar Candi Borobudur. Nantinya anda bisa kenyang dan tidak kelaparan, saat berada di Candi Borobudur. 


Untuk anak anak juga terdapat sebuah taman bermain, dan taman bermain ini bisa membuat anak anak nyaman saat berkunjung di Candi Borobudur. Selain itu juga ketika anda ingin melakukan kegiatan berkuda, anda bisa melakukan kegiata berkuda ini di Candi Borobudur.


Mengenal Karmawibhangga Yang Ada di Borobudur 


Dalam Candi Borobudur ini ada sebuah situs, yang bernama situs Karmawibhangga. Situs Karmawibhangga ini menggambarkan sebuah sikap sikap manusia, atau perbuatan perbuatan yang dilakukan oleh manusia pada saat berada di dunia ini. 


Ketika seseorang melakukan sebuah perbuatan perbuatan baik, maka manusia akan mendapatkan karma atau balasan yang baik. Namun ketika manusia melakukan perbuatan jahat dan tidak baik, maka akan mendapatkan karma yang tidak baik juga. 


Situs Karmawibhangga ini menggambarkan ajaran ajaran agama Budha, dimana sikap sikap yang dilakukan  oleh manusia bisa menimbulkan sebuah karma atau timbal balik. Oleh karena itulah ada baiknya manusia, selalu berbuat baik dimanapun mereka berada. 


Untuk mengunjungi situs Karmawibhangga ini, letaknya berada dibawah bagian Candi Borobudur tersebut. Anda bisa langsung mengungungi situs Karmawibhangga tersebut, dan bisa melihat apa saja yang ada dalam situs tersebut. Anda tidak hanya berfoto foto saja dalam situs tersebut, namun ada pelajaran berharga yang bisa anda ambil dari situs tersebut. 


Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke situs Karmawibhangga ini, namun anda bisa menikmati fasilitas fasilitas yang ada di situs ini. Situs situs ini adalah situs yang dijaga oleh pihak pengelola, sehingga pengunjung harus menjaga situs ini agar tidak rusak. 


Sekian informasi mengenai Candi Borobudur, dan juga situs Karmawibhangga yang ada di Candi Borobudur tersebut. Anda tidak hanya bisa berofoto foto saja di situs Karmawibhangga, namun ada pelajaran dan filosofi tentang kehidupan. 


#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !