Peluang Ekspor Brand Lokal Buka Lebar: Anak Muda Indonesia Bisa Berwirausaha dengan Berbakatnya!

 Peluang Ekspor Brand Lokal Buka Lebar: Anak Muda Indonesia Bisa Berwirausaha dengan Berbakatnya!




Ide Peluang Bisnis Rumahan Bagi Anak Muda di Era Digital


Era digital yang mendorong kemajuan teknologi dan informasi, membuka peluang bisnis online bagi anak muda di seluruh dunia. Tidak harus bermodal besar, bisnis kecil dapat dimulai melalui industri rumahan yang dipasarkan secara online. Inilah yang membuat bisnis kekinian tidak perlu memiliki toko offline secara fisik sehingga bisa menekan biaya keluar untuk bangunan. Selain biaya, ide-ide kreatif anak muda sangatlah terbuka sehingga peluang bisnis kekinian begitu beragam menyesuaikan minat dan ide dari owner. Anak muda juga memiliki analisis kritis yang bisa digunakan untuk menganalisa pasar dan peluang bisnis yang akan mereka buka. Tapi sebagian malah menjadi bingung karena ide dan analisis mereka terlalu bervariasi. Nah, berikut adalah contoh peluang ide bisnis anak muda Indonesia yang telah sukses hingga pasar Internasional dan juga tips and trick peluang membuka usaha, simak ya!

a. Erigo Apparel




Siapa yang tidak kenal Erigo? Produk fashion milik salah satu anak muda Indonesia, Muhammad Sadad, yang kini mendunia. Dibangun sejak tahun 2011, Erigo telah mengalami jatuh bangun hingga saat ini memiliki omset milyaran rupiah. Ketenaran brand lokal ini juga telah sampai ke mancanegara, terbukti pada tahun 2021 lalu Erigo memboyong banyak influencer untuk mengikuti New York Fashion Week dan iklannya yang masuk di salah satu billboar New York, Time Square.



b. Jam Tangan Matoa





Matoa merupakan salah satu brand lokal milik anak muda Indonesia bernama Lucky Danna Aria. Matoa telah berdiri sejak tahun 2011 dan kini telah memasarkan produknya ke mancanegara, seperti Malaysia, Jepang, Singapura, Kanada, Dubai, Peru, Jerman, dan masih banyak lagi. Keunikan jam tangan Matoa yang terbuat dari kayu, memiliki nilai unik dan seni yang berbeda dari jam tangan lainnya. Berawal dari melihat peluang dan hobi koleksi jam tangan, Lucky mengajak teman-temannya untuk memulai bisnis jam tangan kayu dengan modal Rp. 50 juta. Kini Matoa memiliki banyak pengrajin lokal di Ciwidey, Jawa Barat untuk memasok permintaan masyarakat lokal maupun internasional.



c. NAH Project




Masih di bidang fashion, NAH Project merupakan brand sneakers yang didirikan sejak 2017. Sneakers lokal ini bahkan juga pernah dipakai oleh Presiden Jokowi secara langsung. Brand miliki Rizky Arief Dwi ini dikenal sebagai sneaker pertama di Indonesia yang memproduksi sepatu berbahan dasar rajut. Mulanya Rizky membangun NAH Project lantaran melihat peluang pasar seperti sepatu untuk skateboard dan sepatu formal. Yang menjadi unik adalah NAH Project menerapkan transparasi harga berdasar proses dan produksi juga menerapkan konep berbelanja fashion secara online.


Contoh kesuksesan anak muda dalam mengembangkan bisnis dan memasarkannya ke luar negeri bisa dijadikan contoh bagi pemuda lain untuk memulai sebuah bisnis. Membuka bisnis di era sekarang bisa didasari dari hobi, melihat peluang sekitar, melihat kebutuhan dasar masyarakat sekitar, dan mengembangkan produk modifikasi dari produk sebelumnya. Untuk memulai berwirausaha maka beberapa hal harus diperhatikan. Demikian beberapa kiat sukses pengusaha muda dalam mengembangkan bisnisnya!  Peluang Ekspor Brand Lokal Buka Lebar: Anak Muda Indonesia Bisa Berwirausaha dengan Berbakatnya!



Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !