Inovasi di Balik Revolusi Pabrik Cerdas Korea

  

Inovasi di Balik Revolusi Pabrik Cerdas Korea

 




Korea Selatan telah muncul selama beberapa dekade terakhir sebagai ekonomi manufaktur terkemuka dan negara ini berada dalam posisi optimal untuk tetap kompetitif di era “Revolusi Industri Keempat” yang memerlukan konvergensi teknologi digital dan operasi manufaktur cerdas. Manufaktur adalah andalan ekonomi Korea, dan menyumbang 30 persen dari PDB dan bertanggung jawab atas 90 persen ekspor Korea. Lebih dari 80 persen penelitian dan pengembangan disumbangkan ke bidang manufaktur.

 

Untuk mendorong fasilitas manufaktur cerdas, pemerintah Korea menyusun peta jalan untuk beberapa bidang proyek R&D: teknologi desain, platform IIoT (Industrial Internet of Things), teknik operasi yang terintegrasi dengan perangkat lunak, sensor cerdas, robot, pengumpulan data dan teknologi pemrosesan data, dan standar industri. Selain itu, Dewan Riset Standar Pabrik Cerdas dibentuk di dalam sektor swasta untuk secara efektif menanggapi tren dan kegiatan internasional dan untuk melakukan upaya standarisasi peraturan yang dikembangkan secara lokal.

 

Sejumlah tren di industri juga mempengaruhi teknologi manufaktur Korea. Kemajuan dalam teknologi informasi, 5G, sensor, dan material nano mengurangi biaya proses manufaktur terkemuka, sementara perusahaan berada di bawah tekanan untuk meningkatkan produktivitas mereka agar tetap berada di depan harapan pelanggan.Konglomerat Korea mempercepat solusi otomatisasi manufaktur untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas serta mengurangi biaya di seluruh rantai pasokan. Akibatnya, lingkungan manufaktur maju berkembang dari sistem terpusat yang ketinggalan zaman ke sistem terdesentralisasi berdasarkan modul dan platform yang dikontrol secara otomatis.

 

Pabrik Pintar Milk Korea

 

'Pabrik pintar' mengacu pada sistem manufaktur berbasis teknologi yang terintegrasi penuh di mana semua aspek produksi terhubung. Sektor swasta dan publik di Korea sepakat untuk meningkatkan jumlah pabrik pintar domestik pada tahun 2022. Selain itu, pemerintah berencana untuk membuat 20 zona industri pintar pada tahun 2030 untuk membantu mendukung penurunan populasi usia kerja.Tujuannya adalah untuk mendirikan 2.000 pabrik pintar bertenaga AI pada tahun 2030 untuk mengikuti evolusi pesat digitalisasi dan otomatisasi penuh dalam Revolusi Industri Keempat.

 

Pada tahun 2020, pemerintah Korea menyuntikkan $ 414,4 juta ke dalam proyek R&D untuk memberi insentif kepada perusahaan UKM untuk memajukan dan meningkatkan teknologi otomatis. Dengan demikian, pabrik pintar lebih diarahkan untuk memiliki lingkungan manufaktur otomatis yang memanfaatkan pengoptimalan kecerdasan buatan (AI) dan pemantauan waktu nyata menggunakan perangkat Industrial Internet of Things (IIoT). Proyek penelitian dan pengujian yang akan disponsori oleh dana pemerintah termasuk data besar, sistem fisik siber, sensor pintar, jaringan nirkabel, dan robot kolaborasi. Sepuluh sektor utama masing-masing akan memiliki 4.500 pabrik pintar pada tahun 2025, menurut rencana pemerintah oleh MOTIE. Perusahaan-perusahaan yang mengoperasikan pabrik pintar setelah menerima dana dari pemerintah menunjukkan bahwa produktivitas mereka meningkat 25 persen, sementara proporsi cacat turun 27 persen.

 

Mesin dan Alat Manufaktur

 

Menurut Laporan Pasar Teratas Teknologi Manufaktur oleh Administrasi Perdagangan Internasional, Korea Selatan menempati urutan ketujuh dalam hal pasar teratas yang diproyeksikan Amerika Serikat untuk 2018-2019. Pertumbuhan ekspor teknologi manufaktur, yang secara luas dikategorikan sebagai peralatan yang digunakan untuk memproduksi peralatan lain, sebagian besar terkait dengan pertumbuhan ekonomi di pasar industri, khususnya di Korea. Ekspor teknologi manufaktur AS ke Korea akan mempertahankan pertumbuhan yang stabil karena negara tersebut secara bertahap mendapatkan kembali produksi manufaktur ke tingkat sebelum krisis. Produksi alat mesin Korea mencapai $49,7 miliar pada 2019, naik satu persen dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, pasokan dan pesanan alat mesin turun selama 2020-2021 sebagian besar dipengaruhi oleh pandemi global yang berdampak signifikan pada pasar alat mesin mengakibatkan berkurangnya permintaan di antara produsen dan penutupan fasilitas produksi di banyak industri. Pada tahun 2020, Korea menyumbang sekitar 4,1 persen dari semua sistem manufaktur aditif yang terpasang di dunia dan memiliki jumlah mesin terbesar ketiga di kawasan Asia-Pasifik.

Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !