Apa Itu Mind Mapping? Bagaimana Menggunakannya Secara Efektif?

  

Apa Itu Mind Mapping? Bagaimana Menggunakannya Secara Efektif?




Dalam sebuah pemecahan masalah atau melakukan sesuatu hal, tentu memerlukan sebuah pemikiran atau hal hal yang perlu untuk dijabarkan. Pemikiran pemikiran terhadap sesuatu tersebut, dikenal juga dengan sebuah mind mapping. Apakah itu Mind Mapping? Apakah fungsi dari Mind Mapping tersebut? Berikut adalah informasinya untuk anda.


Memahami Dasar-dasar Mind Mapping dan Manfaatnya


Mind Mapping adalah sebuah hal yang bisa anda lakukan, untuk mengumpulkan sebuah ide ide atau sebuah gagasan. Ide ide atau gagasan gagasan tersebut, nantinya dituangkan dalam sebuah gambar atau sebuah tulisan. Macam macam mind mapping adalah seperti Flow Map dan Bubble Map.


Ada beberapa fungsi dari mind mapping, dan berikut ini adalah fungsi dan kegunaan dari anda menggunakan sebuah mind mapping:


1.       Untuk Menemukan Konsep dan juga Gagasan Baru


Salah satu kegunaan dari menggunakan sebuah mind mapping, adalah untuk membantu menemukan sebuah konsep konsep yang baru. Nantinya ide ide yang baru tersebut, akan dituangkan dalam sebuah gambar atau sebuah tulisan. Dengan membuat sebuah mid mapping ini, akan membantu anda tidak lupa dengan konsep konsep tersebut.


2.       Untuk Membantu Anda Untuk Menemukan Sebuah Ide Unik dan Kreatif


Ketika kita ingin melakukan sebuah hal atau sesuatu, tentu ingin berbeda dengan yang lain dan ingin menjadi unik. Salah satu kegunaan dari anda menggunakan mind mapping ini, adalah untuk membantu anda dalam menemukan sebuah ide yang unik dan kreatif. Ide ide yang berbeda itu bisa anda tuangkan dalam mind mapping, sehingga nantinya bisa dijalankan dengan baik oleh anda dan rekan anda.


3.       Membantu Anda Dalam Memecahkan Sebuah Masalah


Dalam pekerjaan atau sebuah project yang anda jalankan, tentunya adalah sebuah masalah atau sebuah hambatan hambatan. Untuk mengatasi hambatan gambatan tersebut, tentu harus ada pemecahan atau jalan keluarnya.

Mind Mapping ini juga sangat membantu anda sekali, untuk memecahkan sebuah masalah masalah dalam sebuah project. Diharapkan dengan adanya mind mapping ini, akan membuat sebuah project bisa berjalan dengan baik dan juga berjalan dengan lancar.


4.       Untuk Membantu Anda Dalam Melakukan Sebuah Presentasi


Presentasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan, untuk membuat anda bisa menjabarkan sebuah hal. Anda bisa menjabarkan sebuah ide ide atau gagasan yang anda miliki tersebut, lewat sebuah kegiatan presentasi ini.

Untuk memudahkan anda melakukan sebuah presentasi ini, anda bisa untuk melakukan pembuatan sebuah mind mapping. Dengan adanya mind mapping tersebut, akan membuat anda mudah melakukan sebuah presentasi.

 

Tips dan Cara Untuk Membuat Sebuah Mind Mapping


Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat sebuah mind mapping, dan berikut adalah cara membuatnya:


1.       Menentukan Sebuah Topik Utama


Langkah pertama untuk membuat sebuah mind mapping, adalah pertama tama menentukan topik yang dibahas. Topok topik tersebut misalnya adalah tentang lingkungan hidup, atau masalah ketimpangan sosial.

 

2.       Menjabarkan Dalam Sebuah Gambar Atau Tulisan


Setelah menemukan topik yang ingin dibahas, langkah selanjutnya adalah menjabarkan topik tersebut dalam sebuah tulisan atau gambar. Tulisan atau gambar tersebut berisi pemaparan ide ide dari anda, dan kemudian anda bisa tambahkan catatan  kecil jika perlu.

 

Sekian informasi mengenai penjelasan tentang mind mapping, beserta kegunaannya. Mind mapping ini bisa anda lakukan dengan mudah, dan tentunya akan membantu anda menemukan bannyak ide dan gagasan.

Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !