Career Sharing Bantu Murid Tentukan Cita-Cita

Penulis: Eka Yuli Kurniawati, S.Pd

SD NEGERI TANJUNGSARI 1, KEC. WINDUSARI, KABUPATEN MAGELANG 

Editor: Nadin Aulia





Di era global saat ini, banyak sekali muncul berbagai jenis pekerjaan atau profesi baru. Bahkan ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak familier di telinga kita. Saat ini bekerja tidak harus berangkat pagi, datang ke kantor, berseragam dan banyak menggunakan fisik. Kita sudah memasuki masa dimana bekerja bisa kapan saja dan dimana saja.  Wawasan murid SD Negeri Tanjungsari 1 terhadap berbagai macam profesi/pekerjaan  masih sangat minim dikarenakan sekolah ini berada di daerah pedesaan dan di lereng gunung yaitu di Desa Tanjungsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Mereka hanya mengetahui tentang karir (pekerjaan/profesi) dari keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitar saja. Mereka masih kurang memahami tentang profesi lain yang belum pernah mereka lihat secara nyata.



Career Sharing adalah sebuah program Kokurikuler yang bertujuan untuk mewadahi dan menyalurkan cita-cita serta minat murid lintas jenjang, sekaligus membangun interaksi positif dalam berbagi praktik baik tentang keprofesian yang bisa menumbuhkan jiwa kreatifitas, inovasi dan kemandirian. Berdasarkan dari latar belakang tersebut penulis mencoba merancang kegiatan aksi nyata dengan tema Career Sharing dengan melibatkan berbagai pihak yang berkompeten. Melalui program ini diharapkan dapat menambah wawasan/pengetahuan murid terhadap macam-macam profesi yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya. Selain itu penulis juga berusaha untuk melakukan kolaborasi dengan beberapa pihak terkait guna meningkatkan mutu serta kualitas pembelajaran. Program ini dilaksanakan dengan menggunakan alur BAGJA, yaitu : Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarjan Rencana, dan Atur Eksekusi.



Pada tahap pertama Buat Pertanyaan, penulis memberikan pertanyaan kepada murid-murid “Apakah cita-cita yang ingin kalian capai saat dewasa nanti?”. Penulis dapat menganalisis jawaban yang diterima atas pertanyaan tersebut. Tahap kedua Ambil Pelajaran, penulis mengidentifikasi berbagai jenis profesi yang belum diketahui oleh murid.Tahap ketiga Gali Mimpi, penulis bersama murid melakukan pembelajaran bermakna yang melibatkan beberapa pihak yang berkompeten sehingga dapat meningkatkan pemahaman murid tentang berbagai jenis profesi. Tahap keempat Jabarkan Rencana, penulis berkoordinasi bersama kepala sekolah, rekan guru dan beberapa pihak terkait dengan proferi di masyarakat. Tahap kelima Atur Eksekusi, ada beberapa hal yang perlu penulis lakukan yaitu : membuat tim dan penanggung jawab program, melakukan manajemen resiko, melakukan monitoring dan evaluasi dan membuat laporan.


Program Career Sharing dilaksanakan dalam kurun waktu 4 minggu menjelang akhir semester genap. Kegiatan diawali dengan koordinasi antara penulis dengan kepala sekolah serta semua jajaran guru di SD Negeri Tanjungsari 1 untuk membuat tim yang akan menjadi pelaksana program. Selanjutnya menghubungi beberapa pihak terkait yang akan diajak berkolaborasi dalam program Career Sharing.


Kegiatan program Career Sharing ini memusatkan pada pengetahuan murid tentang beberapa profesi yang masih awam bagi mereka. Sehingga tim pelaksana menghadirkan beberapa narasumber yang berprofesi tidak biasa ada atau dilihat di lingkungan sekitar SD Negeri Tanjungsari 1. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 SD Negeri Tanjungsari 1 dengan maksud pengenalan berbagai jenis profesi sejak dini kepada murid-murid. Supaya mereka memiliki gambaran yang lebih baik dan kompleks tentang cita-cita mereka di masa yang akan datang.


Perasaan penulis pasa saat melakukan kegiatan program Career Sharing ini adalah penulis merasa tertantang untuk menghadirkan sebuah program pembelajaran yang berdampak pada murid. Penulis merasa senang dengan berbagai pihak yang telah bersedia membantu dan memfasilitasi berjalannya kegiatan. Penulis juga merasa was-was apabila program ini tidak berjalan maksimal sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.


Perasaan was-was tersebut akhirnya membuat penulis semakin bersemangat untuk menyajikan program yang sukses dan benar-benar bermanfaat bagi murid. Pada akhirnya pelaksanaan program Career Sharing ini berjalan baik dan memuaskan serta mendapatkan apresiasi dari kepala sekolah dan wali murid.


Pembelajaran yang penulis dapatkan dari pelaksanaan program Career Sharing ini yaitu pentingnya komunikasi dan kolaborasi bersama rekan sejawat dan pihak-pihak dari luar sekolah guna menunjang pembelajaran yang berdampak pada murid. Penulis menjadi percaya diri bahwa asalkan ada kemaauan yang kuat kita bisa menyajikan berbagai macam pembelajaran yang berpihak pada murid. Penggunaan alur BAGJA dan metode MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning and Reporting) dapat membantu kita dalam pelaksanaan program-program pembelajaran di sekolah.


Berdasarkan masukan dari kepala sekolah, rekan sejawat, wali murid serta narasumber, program ini akan terus dilaksanakan untuk menunjang pembelajaran murid terutama pemahaman jenis-jenis profesi yang ada di masyarakat luas. Beberapa hal yang akan penulis lakukan diantaranya : Menambah MOU dengan beberapa pihak terkait guna memperkaya pengetahuan murid tentang profesi/pekerjaan, program Career Sharing ini akan terus diadakan dalam tiap semester, kegiatan ini akan berjalan berkelanjutan dengan menerapkan MELR dalam setiap pelaksanaannya.

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !