Presiden Jokowi Mau Kembangkan Sorgum: Apa Itu Sorgum?

  

Presiden Jokowi Mau Kembangkan Sorgum: Apa Itu Sorgum?


 

Indonesia saat ini sedang mengalami beberapa masalah pola makan (MGG). Artinya, sebagian kecil manusia mengalami gizi buruk (malnutrition) yang menyebabkan masalah booming berupa stunting, bahkan sebagian kecil manusia mengalami gizi tambahan (overnutrisi) yang menyebabkan masalah berat badan dan berbagai penyakit degeneratif. Untuk itu, tim peneliti dari IPB University telah mengembangkan sejumlah sorgum untuk makanan yang dapat membantu mengatasi masalah gizi buruk (MGG) di Indonesia.

 

Sorgum adalah biji-bijian yang lezat. Sorgum dapat dibuat menjadi tepung untuk dipanggang, direbus untuk membuat hidangan sampingan, dan meletus seperti popcorn. Biji-bijian ini disebut-sebut sebagai tanaman sereal vital terbesar ke-5 yang ditanam dan dimakan di seluruh dunia. Tanaman sorgum memiliki jenis tanaman herbal, ini berarti dapat berkembang cukup banyak di mana-mana untuk dibudidayakan. Ini juga bebas gluten, menjadikannya menjadi makanan terbaik dibanding  biji-bijian lain. Ini banyak digunakan dalam beberapa hal yang sangat bermanfaat, termasuk pakan untuk hewan, bensin untuk mesin, dan lainnya

 

Faktanya, sorgum telah menjadi bagian dari rencana penurunan berat badan yang seimbang untuk waktu yang sangat lama. Penggunaan sorgum pertama yang tercatat berasal lebih dari 8.000 tahun di masa lalu di Afrika. Ethiopia, Sudan, dan Mesir adalah wilayah di mana para peneliti percaya bahwa biji-bijian berubah menjadi panen pertama. Sebagian besar manufaktur AS berlangsung di South Dakota, Kansas, Texas, Colorado, dan Oklahoma. Sorgum juga merupakan tanaman besar di Australia, Cina, dan Amerika Selatan.

 

Cara Mengkonsumsi Sorgum

Sorgum dapat dimakan dan diatur seperti biji-bijian lainnya, meskipun memiliki beberapa nuansa berbeda yang tidak dimiliki sereal. Sorgum dapat dibuat seperti popcorn dan dimakan sebagai camilan sehat atau sebagai topping pada makanan penutup, salad, dan lainnya. Ini lebih seperti gandum daripada biji-bijian, tetapi tidak memiliki gluten sehingga berfungsi dengan baik saat memanggang atau memasak makanan bebas gluten.

 

Anda juga bisa merendam dan menyiapkan makan malam untuk membuat bubur, hidangan segi biji-bijian, atau sebagai isian paprika. Ini juga tepat diaduk ke dalam sup atau rebusan, mengentalkan kaldu dan menambahkan bobot ekstra ke hidangan iklim dingin ini. Secara keseluruhan, sorgum yang dimasak cocok dengan jamur, sayuran hijau gelap, terong, tomat, daging merah, ayam panggang, wortel panggang, dan berbagai bumbu.

 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyambut baik arahan Presiden yang mungkin menjadikan sorgum sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi pembeda dibanding nasi. itu tentunya merupakan wujud nyata dari cara kita mengelola diskon emisi bahan bakar minyak rumah kaca,” jelas Siti. Alasannya, jelas Siti, penanaman padi di lahan sawah yang memerlukan teknik pengolahan tanah dengan menggunakan bajak akan memberikan kontribusi emisi bahan bakar rumah kaca yang berlebihan. Dalam evaluasi sorgum yang dapat ditanam di lahan kering.

Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !