Bayi Sering Sakit dan Rewel- Begini Tips Menangani Bayi Usia 0-6 Bulan

Bayi Sering Sakit dan Rewel- Begini Tips Menangani Bayi Usia 0-6 Bulan


Tips Menangani Bayi Usia 0-6 Bulan


Menjadi orang tua adalah salah satu kebanggaan bagi pasangan suami istri, dan hadirnya buah hati menambah kebahagiaan mereka. Namun menjadi orang tua harus mengetahui cara cara yang tepat, untuk bisa menangani bayi yang baru lahir.

 

Bagaimanakan cara cara yang tepat untuk bisa menangani bayi yang baru lahir? Berikut ini adalah informasi selengkapnya untuk anda.

 

Tips dan Cara Untuk Menangani Bayi Usia 0-6 bulan

 

Orang tua harus memperhatikan beberapa hal untuk bisa mengurus bayi usia 0-6 , dan berikut ini adalah hal yang wajib untuk dilaperhatikan oleh orang tua:

 

1. Rutin Untuk Membersihkan Atau Memandikan Bayi

 

Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua pada bayi usia 0-6 bulan, adalah memandikan atau membersihkan tubuh bayi. Dengan membersihkan bagian tubuh bayi, maka nantinya tubuh bayi tidak ada kuman dan bisa menjadi bersih.

 

Untuk membersihkan bayi juga sangat mudah sekali, dan orang tua bisa membersihkan tubuh bayi secara rutin yakni siang dan sore hari. Untuk membersihkan tubuh anak anak bayi harus pelan pelan, sehingga bayi tidak sakit dan menjadi nyaman pada saat dimandikan. Orang tua juga bisa memberikan anak anak mainan seperti mainan bebek, supaya pada saat mandi anak anak menjadi senang.

 

2. Beri Makanan Pada Anak Anak

 

Tidak hanya membersihkan bagian tubuhnya saja, namun orang tua juga wajib untuk mmeberi amkanan yang berkualitas untuk bayi. Biasanya makanan yang wajib diberikan kepada bayi, adalah makanan dari ASI atau Air Susu Ibu. Pemberian  ASI yang berkualitas, akan membuat anak menjadi sehat dan tidak mudah sakit.

 

Seiring perkembangan dan juga pertumbuhan anak anak, orang tua juga bisa memberikan MPASI  atau dikenal juga denga Makanan Pendamping ASI. MPASI yang bisa diberikan misalnya seperti buah pisang, atau buah buahan lainnya. Dengan diberikannya MPASI tersebut anak anak bisa dibiasakan dengan makanan, dan  anak anak tidak tergantung lagi dengan ASI.

 

3. Pemberian Imunisasi Secara Rutin

 

Selanjutnya untuk bayi juga harus diberikan sebuah imunisasi, dan dengan adanya imunisasi tersebut anak anak terhindar dari penyakit. Contohnya adalah anak anak bisa diberi imunisasi campak, dan juga imunisasi polio.

 

Orang tua bisa membawa anak anak tersebut ke puskemas terdekat, dan dengan adanya imunisasi anak anak bisa membuat anak jadi sehat. Oleh karena itulah sangat penting sekali bagi orang tua, agar melakukan imunisasi pada anak anaknya secara rutin.

 

 4. Buat Tidur Anak Anak Menjadi Nyaman

 

Selanjutnya pada saat anak anak usia 1-6 bulan yang harus dilakukan orang tua, adalah buat tidur anak anak menjadi nyaman. Anak anak bisa dibuat tidur dengan nyaman, dan bisa diberi kasur dan juga suhu ruangan yang nyaman. Untuk itulah sangat penting sekali bagi orang tua buat tidur anak nyaman, agar anak anak bisa sehat.

 

5.  Ajak Anak Anak Berinteraksi

 

Anak anak yang berusia 1 sampai 6 bulan, bisa diajak orang tuanya untuk berinteraksi atau diajak berbincang bincang. Dengan cara tersebut anak anak bisa bersosialisasi, dan tentunya anak anak bisa menjadi pribadi yang mudah bergaul dengan orang lain.

 

Demikianlah informasi mengenai tips dan cara yang dilakukan, agar anda bisa mengurus anak anak yang usianya sekitar 1-6 bulan. Semoga informasi ini membantu anda, agar anda bisa mengurus anak yang usianya masih belia. 

Tags

#buttons=(OK! Siap.) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Pelajari Selengkapnya
Accept !